Rabu, 11 Januari 2017

TEKNIK MENGHAFAL MUDAH DAN MENYENANGKAN

Hallo, netizen khusunya untuk loe yang masih berkutat di bidang hafal dan menghafal. disini saya akan coba membantu loe dalam menyajikan tips dan trik agar loe bisa menjadi penghafal yang baik dan benar.

Dilain kesempatan mungkin gue akan melanjutkan tentang teknik tulis menulis yang baik dan benar agat catatan loe effektif, effesien dan berguna.

Baik disini akan saya bahas tentang teknik menghafal dengan baik benar dan mungkin menyenangkan, lansung aja gan kita sedot disini,



A. TEKNIK MENGHAFAL

1. Mnemonic


 Yakni teknik menghafal dengan menggunakan abstak, artinya kita menghafal dengan membanyangkan hal atau gambaran yang hampir serupa dengannya.

Contohnya : Yogyakarta kita bayangkan atau gambarkan dengan Borobudur, Perang kita gambarkan dengan tentara yang sedang perang membawa senjata dan tembak-menembak.

Secara naluri kemanusiaan,  kita diseting mudah untuk mengingat gambar dari pada mengingat angka dan huruf. itu sebabnya dalam pelajaran sejarah hal yang paling sulit kita ingat adalah Tanggal, dan Tahun kejadian, sedangkan nama dan tempat kejadian masih teingat sampai sekarang. karena gambarnya dapat kita lihat bagitu juga tempat dapat dengan mudah ter abstrak pada ingatan kita.

2. Momory Spot
Secara teknis memory manusia itu sama halnya dengan otot, semakin kita menggunakannya maka akan semakin kuat dianya.  Itu halnya kita ingat dengan Jelas kata-kata orang tua dahulu "Bisa karena Bisasa".

Jika kita sering olah raga maka otot kita senantiasa kuat, begitu pula otak sering kita berfikr maka senantiasa otak kita akan senantiasa tajam.

Teknik ini biasanya digunakan oleh para hafiz al-quran dengan membacanya berulang-ulang hingga tanpa sadar dan reflek kita sudah menghafalnya.

Coba saja anda hafal satu surat pendek, dengan cara membacanya berulang-ulang hingga 60 kali tanpa anda harus memikirkanya, setelah itu coba kembali dengan fikiran anda seberapa jauh anda telah hafal :)

3. Story Sistem
Yakni teknik informasi sistem dimana loe akan menghafal sebuah item dengan mengaitkannya ke item yang lain sehingga terwujud sebuah cerita, dan dengan cerita ini loe lebih mudah mengingatnya.

Hal ini pernah diterapkan oleh seorang guru bahasa Inggris saya di level SLTP dahulu, digunakan untuk menghafal beberapa kosa kata bahasa inggiris,

contohnya :
Mengapa Why Selalu Always sebab Because adalah Is dan And tidak pernah Never.

hal itu masih ingat sampai sekarang, dan hal tersebut sangat penting untuk kita berkreasai pada hal-hal lainnya.

4. Relation Sistem
Reslation sistem ini adalah menghubungkan sebuah perkara dengan dengan perkara lainya yang saling berhubungan.

Relation Sistem ini hanya digunakan pada item yang berpasangan, minsalnya nama ibu kota dan Negara, Sungai dan Provinsi mana tempatnya, tari khas daerah mana dll.

sumber: http://www.teknikterindah.blogspot.com/






B. TAHAP-TAHAP MENGHAPAL PELAJARAN

1. Segarkan Dirimu
Tips cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa yang pertama adalah dengan mengetahui waktu dimana kekuatan otakmu bisa keluar 100%, ada yang mudah menghafal saat tengah malam, ada yang pada pagi hari, sore hari, atau sebelum tidur. Temukan yang mana yang paling cocok untukmu.
Selain itu buat dirimu dan otakmu segar agar lebih mudah berkonsentrasi, lebih bersemangat, dan lebih kuat hafalan. Salah satu caranya adalah dengan mandi.
2. Tentukan Lokasi dan tempat
Tempat dan lokasi sangat menentukan anda dalam meraih konsentrasi dalam menghafal, carilah tempat yang jauh dari suara bising hingga memori anda tidak terpecah fokus dalam menangkap pelajaran yang ingin loe serap.

Seandainya loe punya ruang belajar khusus itu lebih baik, dan sebaiknya anda menambah wangi-wangian dan beberapa gambar yang menyejukan mata, supaya nilai stressnya hilang. Menambahkan musik boleh, tapi ingat ya gender musik yang anda pilih hendaklah rileak dan santai hingga fokus anda tidak hilang,

3.Tentukan Motifasi apa yang mendasari dalam menghafal
Dalam buku Quantum Learning hal ini disebut Ambak (Apa Mamfaatnya Bagi Aku). Dalam menentukan segala tindakan bisasanya manusai memkirikan apa manfaatnya bagi kita.

Jika saja mengahafal sebuah pelajaran tidak didasari dengan memahami manfaat maka semua pelajaran yang kita pelajari akan terasa berat. Hal yang paling mendasar yang harus kita pelajari sebelum belajar adalah apa manfaat pelajaran ini untuk kita, baru kita mulai mempelajarinya, jika kita ingin pelajaran ini menyenangkan.

Jika pelajaran ini tidak terasa manfaatnya kita malah nanti akan mudah lupa apa yang telah kita hafal, contohkan saja jika ambaknya hanya sebatas ujian semester saja, saya jamin pelajar tersebut saat ini tidak hafal lagi, karena finish ambak pelajaran tersebut hanyalah ujian semester saja,

Jika guru/dosen di kelasmu tidak menerangkan apa manfaat perlajaran tersebut, sudah seyogyanya kamu juga menannyakan langsung kepada guru/dosen kamu apa manfaat kita mempelajari ini. namun jika tidak ditemukan jawabanya, carilah hal tersebu di internet, buku dan literatul lain yang tersedia.

Namun jika ternyata toh juga tidak ditemukan juga. Maka, berhentilah mengikuti pelajaran tersebut karena waktu muda kamu bukan untuk hal yang sia-sia.

4.Tulis kerangka fikiran dahulu tentang apa yang harus kamu hafal
Teknik anda mencatat mata pelajaran di kelas juga sangat menentukan dan membantu anda dalam menghafal sebuah mata pelajaran, perkara ini mungkin akan dibahas khusus pada artikel yang lain
namun disini saya sedikit memberikan gambaran apa yang perlu dipersiapkan dalam tulisan untuk kamu menghafal.

Dengan mencatat anda akan bisa menggunakan Indra yang lain dalam mengingat sebuah mata pelajaran, pikiran anda yang menakjubkan akan mengingat setiap detik yang anda lihat dan rasakan.

Quantum learning lebih menekankan kita agar membuat catatan dengan simbol-simbol agar terlihat menarik dan lebih gampang diingat, dengam metode Peta Pikiran dapat memudahkan kita mengingat apa poin-poin inti yang harus kita pelajari.

Gambar pada poin ini menjelaskan apa yang dimaksud dengan peta fikran tersebut.



untuk hal tersebut akan dibahas pada artikel selanjutnya berkenaan dengan teknik mencatat agar mudah diingat

5.Catat kembali apa yang kamu hafal
Catat kembali jika ada selang waktu yang tersedia berkenaan dengan apa yang telah loe usahain hafal, ini adalah bentuk repetisi dimana kita kembali kedimensi dimana kita tempuh sebelumnya. hal ini sangat membantu memudahkan memory mengingat mata pelajaran yang sudah kita hafal.


6.Tetapkan teknik pengulangan pada materi-materi yang memerlukan itu
pada item tertentu kita dihadapkan dengan program study yang mengharuskan kita mengingat secara tersusun dan teratur tidak boleh acak contohnya : Pancasila sila satu sampai lima, rukun iman, Islam dan lain sebagainya.

untuk hal tersebut disinilah digunakan metode memory spot dimana kita menghafalnya dengan membacanya berulang-ulang tanpa harus difikirkan sehingga otak terbiasa mengingatnya secara berurutan (baca kembali memory Spot)

7.Ajarkan kepada orang lain ilmu yang loe miliki

Ajarkanlah Ilmu kepada orang lain, ini justru memberikan pengalaman baru bagi otak kita, ingat kembali kuncinya tadi, semakin besar otak kita berkutat dalam pengalaman itu maka semakin kuat memori kita akan mengingat pengalaman itu.

Jadi jika kita sering mengajarkan tentang alogaritma maka secara outomatis kita akan sulit lupa tentang pelajaran alogaritma itu, karena begitu besarnya pengalaman tentang alogaritma itu hadir dalam kehidupan keseharian kita.



8. Istirahat dengan cukup dan jangan paksakan segala sesuatu,

Ingat belajar adalah kebutuhan anda dalam hidup namun jangan pernah jadikan belajar sebagai penjara yang akan menyiksa anda, sediakan waktu anda untuk istirahat, hargai kesehatan anda dan juga hidup anda.

Metode belajar yang paling baik adalah dikala kita bisa membagai waktu antara kebutuhan jasmani, dan rohani kita secara bijaksana,

Trimakasih,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar