Sabtu, 21 Januari 2017

Teknik Mencatat Mudah dan Menyenangkan Part 1 (METODE PETA FIKIRAN DALAM MENCATAT)

Dalam kesempatan yang lalu gue sudah memamparkan tentang Teknik Menghafal mudah dan Meyenangkan, kali ini saya akan menguraikan berkenaan dengan teknik mencatat mudah dan menyenangkan. Ada beberapa metode dalam mencatat mudah dan menyenangkan namun kali ini saya akan menjelaskan tentang Metode Peta Fikiran sebagaimana contoh diatas.


MANFAAT DALAM MEMBACA ARTIKEL INI :
1. Memahami cara kerja otak dalam menyimpan memory
2. Meningkatkan daya ingat terhadap apa yang kita pelajari di sekolah dan kampus
3. Menyenangkan karena kita membuat catatan sesuai dengan cara kerja otak.


MENCATATLAH SEBAGAIMANA OTAK KITA BEKERJA
Banyak yang beranggapan bahwa otak itu bekerja secara teratur dan liner. Maksud Liner ini bahwa otak kita bekerja secara rapi teratur dan tersusun, sehingga merangkai sebuah kata-kata yang utuh sehingga mudah dimengerti lawan komunikasi.

Ternyata hal tersebut hanya mitos logika loe aja, semua itu salah. Para ilmuan menyatakan itu linernya kata-kata yang keluar dimulut kita itu adalah "hasil" bukan merupakan proses penalaran manusia, 

Hasil yang dimaksud disini adalah upaya dari otak kita mengumpulkan bahan-bahan dari pengalaman yang dia perolehnya (memory) baik itu berupa gambar-gambar, simbol-simbol atau track video yang tersimpan dalam otak kita, lalu dirangkai dalam sebuah komunikasi sehingga lawan komunikasi kita dapat mudah mengerti tentang pengalaman yang ditempuh otak kita.

Dalam hal tersebut dapat anda lihat pada gambar dibawah ini berkenaan dengan teknik otak menyampaikan informasi kepada lawan komunikasinya.

Gambar tersebut saya ambil dari buku Quantu Learning karya Bobbi Depotter dalam gambar diatas diterangkan bahwa ternyata informasi yang diterima otak itu bersifat acak atau tidak teratur (liner), sebagaimana yang kita sangka dahulunya.

Dari informasi yang sifatnya acak tersebut otak bekerja : mengatur lalu memilih lalu mencari, lalu memberi arti, lalu mengorganisasikan, lalu memilih lagi, lalu menghubungkan lalu merumuskan dan mencetak menjadi sebuah kata-kata liner teratur yang bisa di Komunikasikan dengan lawan  Komuniaksi sehingga bisa dimengerti orang lain.

Plus merangkai dengan kata-kata yang tadinya berasal dari :

  • Gambar-bambar, 
  • simbol-simbol,
  • Suara
  • Citra
  • Perasaan
Sebagai contoh lihatlah gambar dibawah ini
"Luangkan waktu anda sejenak, pandangi kertas polos ini, bayangkan kertaas polos ini ada sebuah apel"
Apa yang loe bayangin melihat gambar tersebut, gue tebak secara umum, orang akan membayangkan bahwa apel tersebut terletak pada posisi tengah kertas dan memiliki warna merah.

Jika yang terjadi sama persis seperti yang saya jelaskan diatas bahwa apel tersebut terletak ditengah dan berwarna merah, maka timbul pertanyaan saya kepada loe, kenapa tidak terbayangkan oleh anda bahwa apel tersebut terletak di pinggir dan berwarna hitam putih (glyserin/tanpa warna).

Inilah cara kerja otak manusia orang mengingat berdasarkan pengalaman yang diambil secara acak, dan pengalaman kebanyakan orang adalah apel tersebut berwarna merah, dan simetris pada tengah kertas.

Setelah memahami bagaimana otak kita memperoses apa yang kita dapatkan dalam membaca, dan atau belajar di kelas maka bagaimana caranya kita membuat catatan dengan mengikuti cara kerja otak kita sehingga lebih terasa ringan dan mudah diingat dalam mencatat ??? berikut akan di jelaskan pada poin dibawah ini.

PENGENALAN METODE MENCATAT DENGAN PETA FIKIRAN
Teknik ini disebut teknik totalitas menurut Bobbi Depotter, dimana membuat kita mampu membuat catatan yang menyeluruh hanya dalam satu halaman saja.

Teknik mencatat yang seperti ini dikembangkan oleh Tonny Buzzan pada tahun 1970, yang didasarinya pada riset dan penelitian tentang bagaimana cara kerja otak yang sebenarnya.

Otak kita sering bekerja dengan mengingat informasi dalam bentuk, gambar, symbol, suara, bentuk (rupa), dan persaaan.

Teknik ini adalah menyatukan ide-ide dan pengalaman otak yang kita tempuh baik berupa gambar, suara, bentuk dll. dalam sebuah Peta.

Peta ini dapat membantu Rasional motorik otak kita dalam mengambil file ide-ide dengan mudah. Ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan metode mencatat tradisional yang selama ini kita praktekan.

MEMBUAT CATATAN DENGAN PETA PIKIRAN
Sebelum saya mulai lebih jauh saya ingin anda merenungkan dan mempelajari Selama 10 menit gambar dibawah ini yang saya buat :

 Apa yang anda pahami dari gambar tersebut ????

Ya, Tepat sekali Jika anda membaca artikel ini dengan baik dapat anda rasakan alamat 1  dan 2  adalah menjelaskan materi artikel ini yang telah dikupas sebelumnya, sedangkan alamat 3 adalah materi yang akan saya jelaskan berikut ini.

Diatas adalah contoh catatan peta fikiran berkenaan dengan materi artikel ini Mencatat dengan metode peta fikiran, jika anda merenung tampa harus membuat kata-kata anda bisa menganguk-nganguk tanda paham, namun jika anda saya minta menguraikan tentu anda akan mencoba berfikirlagi dalam menentukan kalimat yang mudah saya mengerti, ya seperti itulah kerja otak.

Saya rasa anda sejauh ini cukup paham dengan apa yang dimaksud peta fikiran dan cara membuatnya, tapi baiklah demi lengkapnya artike ini saya jelaskan kembali.

A. Membuat Peta Fikiran
Untuk membuat peta fikiran, gunakanlah Pulpen berwarna dan mulailah dari bagian tengah kertas anda. Sangat dianjurkan menggunakan kertas dengan ukuran yang lebar untuk mendapat lebih banyak tempat. Lalu ikutilah langkah-langkah berikut ini :
  1. Tulislah gagasan utamanya di tengah-tengah kertas dan lingkupilah dengan lingkaran, persegi atau bentuk lain. minsalnya diatas peta fikiran saya gambarkan dengan buku catatan.
  2. Tambahkan sebuah cabang yang keluar dari pusatnya untuk setiap poin atau gagasan utama. Jumlah cabang yang terbentuk akan bervariasi, tergantung segemen/gagasan yang menyertainya. Variasikan warna tiap-tiap poin yang akan kamu jelaskan hingga tidak membingungkan kamu dalam membedakan mana poin inti dan poin cabang.
  3. Tulislah Kata Kunci tiap-tiap cabang yang di kembangkan untuk detailnya. Kata-kata kunci dimaksud disini adalah kata-kata inti dalam menyampaikan sebuah gagasan untuk memicu daya ingat anda. Jika yang loe gunakan singkatan pastikan loe bisa memahami singkatan tersebut.
  4. Tambahkan symbol-symbol atau ilustrasi-ilustrasi untuk mendapatkan kesenangan otak dan ingatan yang jauh lebih baik.
  5. Gunakan nomor alamat hingga membantu anda dalam mengingat urutan item yang harus anda pahami, sebagai contoh gambar diatas saya buat dengan alamat 1, 2, dan 3 menandakan urutan materi yang harus dibahami dengan ditambah pula ranting alamat 2.a, 2.b dan 3.a, 3.b menandakan urutan item dari ranting cabang peta yang harus saya ingat dalam catatan diatas.


B. Kiat-kiat Tambahan

  1. Tulislah secara rapi, gunakan huruf kapital jangan gunakan huruf tegak bersambung/huruf tali.
  2. Tulislah poin-poin inti dengan agak menonjol bisa dengan ditebalkan atau di garus bawahi ataupun warna yang berbeda, sehingga akan terlihat menonjol disaat anda membuka catatan anda tersebut.
  3. Gambarkan peta fikiran anda dengan hal-hal yang dekat berhubungan dengan anda. Contohnya simbol jam bisa diartikan benda ini memiliki tenggang waktu yang penting, sebagian orang menggunakan anak panah sebagai menjelaskan urutan tindakan-tindakan
  4. Gunakan kreatifitas anda sebaik mungkin hingga terlihat indah dan mudah diingat.


Demikian artikel ini saya buat, mudah-mudaha memberikan manfaat bagi pembaca, jika ada kekeliruan, atau loe masih kebingungan tentang hal ini loe boleh tanya langsung via FB di sini.

Terimakasih,

Sumber : Buku Quantum Learning karya: Bobbi Depoter dan Mike Hernacki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar