Sabtu, 31 Desember 2016

7 Situs yang Wajib diketahui Mahasiswa untuk Buat Makalah, Skripsi, dan Jurnal Buat Mahasiswa



Saya Rasa Kita semua udah tahu, kalau yang namanya Kuliah ya pasti, berhadapan dengan Jurnal, Makalah dan Skripsi. Namun yang harus kita sadari adalah cara yang efesien dan efektif untuk dapatkan referensi lewat Internet buat ngerjain : Makalah, Jurnal, dan Skripsi tsb. Berikut Risalah Anak Bangsa memberikan 10 Situs yang WAJIB MAHASISWA Ketahui untuk mencari referensi Makalah, Jurnal dan Skripsi.

Situs ini akan membawa kita ke ruang yang berbeda disaat kita googling dengan Google.com.

Google Scholar dengan URL : https://scholar.google.co.id Google scholar sejauh pengamatan penulis, memberikan efesiensi dan akurasi yang Pas buat kita nyari referensi tugas kuliah,

Selain itu Google Scholar Juga memiliki Fasilitas : 
  1. Membaca Buku Secara Online, Buat buku yang sulit kita temukan diperpustakaan Kampus maupun perpustakaan terdekat bisa kita temui disini
  2. Menyimpan Koleksi Hasil Browsing, dengan mengkoneksikan dengan gmail kita akan mudah mengambil ulang apa-apa saja yang kita anggap penting didalamnya, dengan mengakses bar Koleksi pada menu BAR atas google scholar
  3. Menyimpan Makalah, Jurnal dan Skripsi, dengan fasilitas ini kita tidak akan kehilangan hasil Karya Ilmiah kita, dan juga bisa jadi sumbangan referensi bagi orang lain yang membutuhkan


Microsoft Academik adalah mesin pencari referensi penelitian dalam format publikasi. layanan ini punya fitur filter untuk membantu mencari sumber penelitian. Lewat filter ini, lewat filter ini kita akan mudah mencari Jurnal berdasarkan penulis atau afilasi tempat bernaungnya penelitian yang di cari.

Kalau masih bingung dengan Google Scholer maka Microsof Academic ini adalah pilihan lain. Keunggulannya, firtur filter yang bikin pencarian kita lebih spesifik namun, kelemahannya masih minim bentuk Jurnal dengan berbahasa Indonesia. Kalau seandainya kita masih punya bahasa Inggris yang belum mapan, agak kesulitan sih :)



Nah ini dia bagi kamu yang bahasa Inggrisnya kurang Mumpuni, Portal online ini sangat membantu, karna disini hanya MENAMPILKAN Referensi yang BERBAHASA INDONESIA. Portal ini sama miripnya dengan Google Scholar dan Microsoft Academic, Namun hanya menampilkan referensi yang berbahasa Indonesia.

Situs ini dapat dia akses di  http://id.portalgaruda.org/ silahkan kunjungi.


Ini adalah portal yang menyediakan buku secara online paling lengkap sejagat raya dan antero bumi. selain itu loe juga bisa dapatin dengan format yang bermacam-macam, mulai dari PDF, fxIVU, eMob, ePub, RAR, ZIP, FB2 format.

KEUNGGULANYA :
1. Gratis 
2. Mencakup Semua Bidang Ke Ilmuan
3.Dengan Berbagai Format

Namun kelemahanya karna situs ini gratis maka, kita dituntut selektif dalam memilih dan memilah eBook tapi itu bukan hal yang masalah, bagi kita yang udah biasa browsing.

silahkan di lihat ke TKP langsung di http://www.academia.edu/ 


RessearchGate ini adalah MEDSOS alias Media Sosial buat para peneliti. Wussh bagi yang suka serius neh dengan penelitiannya, ini adalah forum yang pas buat kamu.

Dalam situs ini juga ada forum diskusinya yang melibatkan para peneliti dari seluruh belahan Dunia. Jadi kita bakalan leluasa mengajukan pertanyaan dalam forum ini, dan bakal dapat jawaban dari pengguna yang lain dari seluruh Dunia.

Bahkan pertanyaan yang sulit pas kita nyusun skripsi, atau tesis lannya dapat kita dapatkan jawabannya disini.

Silahkan gan kunjungi aja di https://www.researchgate.net/


Dari nama aja udah dapat kita lihat, bahwa ini adalah perpustakaan online, Open Library ini adalah projeck raksasa yang melibatkan seluruh penggunanya diatas dunia ini. 

Layaknya perpustakaan, ada banyak eBook gratis di sini yang hanya bisa di dibaca secara online. Namun adapula yang bisa di kita unduh tergatung kemurahatian si tukang uploadnya :D

silahkan sedot di https://openlibrary.org/ 


OAPEN Library sama sih kayak portal Open Library, bedanya dengan Open Library adalah:

"Open Library mengutamakan banyaknya buku (Kuantitas), dan OAPEN Library mengutamakan Mutu dari sebuah buku (Kualitas)"
Makanisme yang diterapkan dalam Portal ini adalah buku-buku yang sudah lolos uji saja yang terpilih ditempilkan dalam Portal Buku Online ini.

oke lihat langsung di websitentanya http://www.oapen.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar